Audit Interim Akhir 2017, Pemkot dan BPK RI Sulut Entry Meeting

Sekda saat memberikan sambutan

Kotamobagu—Guna pemeriksaan interim Badan Pengelola Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara, atas dokumen pertanggungjawaban pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Kotamobagu tahun anggaran 2017, Senin (27/11), Pemerintah Kotamobagu dan tim BPK RI Sulut melaksanakan Entry Meeting.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu ini, dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Adnan Massinae, S.Sos, M.Si, yang dihadiri para asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), Pejabat Pelaksanan Teknis Kegiatan (PPTK), dan bendahara, serta dihadiri Tim BPK RI Perwakilan Sulut, yang diketuai Tutus Sulfani Sulaiman, dengan anggota Muhamad Faisal Adisuryama, Henming Miyan Dwi Nanda, dan Beatriks Liku Gustiawati.

Ketua Tim, Tutus Sulfani Sulaiman, menyampaikan kedatangan Tim BPK RI Perwakilan Sulut ke Kotamobagu dalam rangka melakukan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2017.

“Saya bersama tim akan melakukan pemeriksaan interim selama 24 hari kerja, mulai Senin ini, 27 November, sampai 20 Desember 2017 mendatang,” ucapnya.

Terkait ruang lingkup pemeriksaan, Sulfani mengatakan akan melakukan audit terhadap beberapa objek pemeriksaan terkait proses pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Suasana entry meeting di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu

“Yang menjadi objek pemeriksaan diantaranya updating Sistem Pengendalian Intern (SPI) Pemerintah Kota Kotamobagu, pengendalian dan pengujian subtantif atas akun-akun LRA seperti; Pendapatan, Belanja Pegawai, Belanja Barang Jasa, dan Belanja Modal, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan sebelumnya, informasi lain berupa informasi-informasi yang diperoleh pada saat melakukan pemeriksaan, termasuk transaksi-transaksi keuangan pemerintah daerah mulai 1 Januari 2017, sampai 31 Oktober 2017,” ungkap Sulfani.

Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Adnan Massinae, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim BPK Sulut yang akan melaksanakan pemeriksaan di Kotamobagu.

“Mewakili Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, kami menyampaikan selamat datang kepada Tim BPK RI Perwakilan Sulut, yang akan bekerja mulai hari ini sampai dengan tanggal 20 Desember mendatang. Dega Niondon,” kata Adnan.

Lebih lanjut, Adnan mengatakan entry meeting yang dilaksanakan hari ini dapat memberikan ruang gerak dan referensi bagi Pemkot Kotamobagu, terutama kesiapan menghadapi jalannya pemeriksaaan yang akan diaksanakan.

“Kami bisa lebih sigap dalam menyiapkan berbagai dokumen pertanggungjawaban yang nantinya dibutuhkan tim pemeriksa. Dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saya minta untuk menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan selama proses pemeriksaan,” ujar Adnan, sambil meminta pimpinan OPD yang akan melaksanakan tugas ke luar daerah agar terlebih dahulu berkoordinasi dengan tim BPK. (Admin-DiskominfoKK)

 

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.