Bantu Proses Pengelolaan Keuangan Desa, Tahun Depan Pemkot Tempatkan Staf Khusus PNS di Desa

Kabid Akutansi dan Pelaporan BPKD Kotamobagu, Putik Emas Abdullah, S.STP, ME

Kotamobagu—Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Adnan Massinae, S.Sos, M.si menyampaikan tahun depan akan menempatkan Staf Khusus PNS Pemerintah Kota Kotamobagu di setiap desa, untuk membantu proses penatausahaan keuangan desa.

Hal ini disampaikan Adnan saat memimpin rapat evaluasi penyerapan dana desa dan alokasi dana desa tingkat Kota Kotamobagu, di Aula Kantor Desa Tabang, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

“Setiap desa akan ditunjuk satu orang penanggung jawab untuk mendampingi dan membantu desa dalam menyiapkan pertanggungjawaban penggunaan dana desa sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dalam pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa. Tentunya, para staf khusus ini tidak akan mencampuri proses penggunaan dana desa, mereka hanya membantu pada proses perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut” kata Adnan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah  (BPKD) Kota Kotamobagu, Rio A. Lombone, S.STP, M.H, melalui kepala Bidang Akutansi dan Pelaporan Keuangan, Putik Emas Abdullah, S.STP, M.E, mengatakan para staf khusus ini diambil dari PNS Pemerintah Kota Kotamobagu yang memenuhi syarat.

“Nantinya akan dibuka pendaftaran bagi seluruh PNS yang ingin menjadi staf khusus di desa. Tentunya mereka harus memiliki pengetahuan lebih di bidang pengelolaan keuangan, mulai dari tahapan perencanaan, pengelolaan, penatausahaan sampai dengan pertanggungjawaban keuangan. Dan mereka nantinya akan diberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) khusus, mengingat beban kerja yang akan mereka jalani,” ucap Putik.

Ia menambahkan para PNS ini nantinya akan mengikuti tahapan seleksi dan coaching clinic terkait proses pengelolaan keuangan secara keseluruhan.

“Diharapkan kedepan seluruh desa yang ada di Kota Kotamobagu, dapat mengelola keuangan desa dengan sebaik-baiknya,” ujar Putik. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.