Capaian Realisasi Anggaran Perangkat Daerah akan Dievaluasi Setiap Bulan

Pjs wali kota saat memimpin rapat bersama seluruh OPD

Kotamobagu—Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Kotamobagu, Muhammad Rudi Mokoginta, SE, MTP, memimpin langsung Rapat Koordinasi dan Evaluasi Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu Tahun Anggaran 2018, Rabu (28/2).

Dalam rapat evaluasi yang dilaksanakan di ruang rapat wali kota ini, setiap pimpinan perangkat daerah diminta untuk memaparkan sejauh mana perkembangan pekerjaan pengadaan barang dan jasa di satuan kerja masing-masing.

“Saat ini kita sudah akan memasuki akhir Triwulan I. Koordinasi dan evaluasi penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana progres capaian dari pekerjaan pengadaan barang dan jasa di setiap perangkat daerah,” ujar wali kota.

Menurut wali kota dengan melakukan koordinasi dan evaluasi, pemerintah daerah bisa dengan cepat mengetahui permasalahan-permasalahan yang ditemui saat pelaksanaan proses pengadaan barang dan jasa, terutama hambatan-hambatan yang bisa saja menjadi kendala dalam pelaksanaan pekerjaan.

“Dengan evaluasi ini kita bisa mengetahui berbagai persoalan yang bisa saja ditemui pada saat pelaksanaan pekerjaan pengadaan barang dan jasa. Jika terdapat permasalahan ataupun hambatan, kita bisa segera mencarikan solusi untuk menyelesaikannya dengan tetap mengedepankan ketentuan peraturan yang berlaku,” ucapnya.

Selain proses pengadaan barang dan jasa, dalam kesempatan ini juga para pimpinan perangkat daerah diminta menyampaikan capaian realisasi anggaran di setiap satuan kerjanya, baik itu realisasi terhadap komponen belanja langsung (BL) maupun belanja tidak langsung (BTL), untuk bisa mengukur tingkat capaian kinerja masing-masing perangkat daerah.

“Ini juga diperlukan untuk mengukur tingkat capaian kinerja masing-masing perangkat daerah. Dengan evaluasi ini, bisa diketahui mana saja perngkat daerah yang serapan anggarannya masih terlalu rendah, dan apa saja faktor-faktor yang menyebabkan serapan anggaran mereka, tidak sesuai dengan perencanaan pagu yang telah dialokasikan dalam penganggaran Triwulan pertama di 2018 ini. Ke depan evaluasi seperti ini akan saya lakukan setiap bulannya” ungkap wali kota. (Admin-DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.