Disbudpar Kotamobagu Gelar Sosialisasi Strategi Pengembangan Pariwisata Kotamobagu

Kepala Disbudpar Kotamobagu, Moch. Agung Adati, S.T, M.Si, sedang memberika sosialisasi

Kotamobagu—Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), menggelar Sosialisasi Strategi Pengembangan Pariwisata Kotamobagu, Kamis (5/10) sore.

Sosialisasi yang dibawakan langsung Kepala Disbudpar Kotamobagu, Moch. Agung Adati, S.T, M.Si, dibuka langsung Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, yang diwakili Sekretaris Daerah Kotamobagu, Adnan Massinae, S.Sos, M.Si.

Dalam sosialisasi ini, Agung menjelaskan strategi pengembangan pariwisata di Kota Kotamobagu melalui pembentukan desa wisata berbasis masyarakat atau pola CBT atau Community Based Tourism.

“Tahun ini kami memilih Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, untuk ditetapkan sebagai desa wisata, karena berdasarkan survei yang dilakukan, desa ini memenuhi unsur  3A pendukung pengembangan pariwisata lokal, yaitu atraksi: pertunjukan tarian lokal daerah; aksesibilitas: kemudahan akses; dan amenitas: unsur pendukung seperti home stay, pos keamanan, pos kesehatan dan lain-lain,” ujar Agung.

tampak para peserta sosialisasi yang hadir

Menurut Agung, Desa Kobo Kecil memiliki potensi alam yang unik dan menarik seperti wisata air terjun, persawahan, kolam pemancingan ikan, serta tradisi lokal adat istiadat setempat yang masih terpelihara sampai dengan saat ini.

“Selain itu dari segi aksesibilitas, lokasi wisata yang terletak di Desa Kobo Kecil, mudah dijangkau. Dari segi amenitasnya juga sangat mendukung untuk pengembangan pariwisata lokal,” jelasnya.

Ia menambahkan, nantinya model pengembangan yang akan diterapkan di desa wisata Kobo Kecil, ini yaitu model interaksi langsung dimana wisatawan bisa tinggal dan bermalam di lokasi desa wisata melalui akomodasi yang disediakan oleh desa wisata tersebut.

“Yang jelas dalam pengembangannya tetap berpegang pada prinsip desa wisata, yaitu tidak bertentangan dengan adat istiadat atau budaya lokal, dapat meningkatkan kualitas desa melalui pembangunan fisik di lokasi desa wisata, serta memberdayakan masyarakat setempat,” ucap Agung.

Turut hadir dalam sosialisasi yang digelar di Aula Rumah Dinas Walikota ini diantaranya,  para asisten, pimpinan OPD, camat, lurah serta sangadi se-Kota Kotamobagu. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.