DPK Kotamobagu Laksanakan Lomba Cipta Menu Pangan Alternatif

Kadis Ketahanan Pangan Kotamobagu, Nurachim P. Mokoagow, S.Pt

Kotamobagu–Masih dalam rangkaian memeriahkan HUT Kotamobagu ke-10,  Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Kotamobagu, melaksanakan Lomba Cipta Menu Pangan Alternatif Tingkat Kota Kotamobagu, Senin (15/5) pagi.

Lomba yang dilaksanakan di Aula Kantor DKP Kotamobagu ini, diikuti 6 kelurahan/desa yang merupakan utusan dari 4 kecamatan se-Kota Kotamobagu, yakni Desa Pontodon Timur, Kelurahan Biga, Desa Kobo Kecil, Desa Poyowa Besar I, Kelurahan Pobundayan dan Kelurahan Molinow.

Kadis Ketahanan Pangan Kotamobagu, Nurachim P. Mokoagow, S.Pt, menyampaikan, selain untuk memeriahkan HUT Kotamobagu ke-10, lomba ini juga merupakan kegiatan rutin DKP setiap tahun.Tujuannya untuk memberdayakan dan memprioritaskan menu pangan lokal untuk di konsumsi sehari-hari.

Suasana lomba cipta menu pangan alternatif

“Aspek konsumsi pangan, sangat erat kaitannya dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan agar setiap ibu rumah tangga (IRT) dapat menyajikan pilihan menu yang sesuai dengan pola menu B2SA (beragam, bergizi, aman dan sehat) dalam pola hidup sehari-hari, dan nantinya yang mendapatkan juara I pada lomba kali ini, akan mewakili Kota Kotamobagu dalam pelaksanaan lomba yang sama di tingkat propinsi,” jelas Nurachim.

Ditambahkannya pula, untuk tahun ini, menu yang dilombakan ditekankan kepada menu sarapan anak sekolah. Hal ini disebabkan,  sarapan bergizi anak sekolah sangat bermanfaat dan berpengaruh terhadap perkembangan fisik dan psikologi anak. Sehingga diharapkan, dapat  meningkatkan proses dan hasil belajar anak disekolah nanti.

 Selain mempunyai prinsip B2SA dan merupakan menu non beras non tepung, sistim penilaian juga dititikberatkan pada keseimbangan menu, keanekaragaman jenis pangan, kreatifitas pengembangan resep dan alternative (cara pengolahan dan kesesuaian menu pilihan keluarga), cita rasa serta tampilan, penyajian dan aspek keamanan pangan (kebersihan). (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.