Genjot PAD Sektor Usaha, Pemkot Tambah Mesin e-Tax

Kotamobagu— Pemerintah Kota  (Pemkot) Kotamobagu melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) kembali memasang mesin e-Tax di sejumlah tempat usaha di wilayah Kota Kotamobagu.

“Pemasangan mesin dimaksudkan untuk memaksimalkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor usaha restoran, perhotelan dan tempat hiburan di Kotamobagu,” ujar Kepala Bidang Penetapan Pendapatan (BPKD) Kota Kotamobagu, Ilmar Z Rusman, Kamis (15/2).

Kepala Bidang Penetapan Pendapatan (BPKD) Kota Kotamobagu, Ilmar Z Rusman

Ia menjelaskan setiap transaksi yang dilakukan oleh wajib pajak melalui mesin kasir (cash register) yang terpasang, akan terekam secara otomatis oleh alat Tapping Box. Selanjutnya real time alat Tapping Box akan mengirimkan data transaksi tersebut ke server control yang terletak di BPKD secara online.

“Nah, dengan demikian setiap bulan dapat diketahui nilai transaksi beserta besaran pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak kepada daera,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk tahun 2018 ini pihaknya akan menambah 15 unit mesin e-Tax, setelah sebelumnya pada tahun 2017 juga telah dipasang di beberapa tempat usaha.

“Sebelumnya pada tahun 2017 lalu, kita sudah memasang sebanyak 25 unit mesin e-Tax dan ditahun 2018 ini akan kita tambah 15 unit lagi di sejumlah tempat usaha lainnya,” tambah Ilmar. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.