Kembangkan Produk Kopi Kotamobagu, Walikota Teken MoU Bersama BI Perwakilan Sulut

Kotamobagu— Dalam upaya meningkatkan serta mengembangkan komoditas kopi sebagai produk unggulan di wilayah Kotamobagu, Pemerintah Kota Kotamobagu menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara, Minggu (18/6), di Aula Rudis Walikota.

Proses penandatanganan MoU pihak pemerintah Kotamobagu dengan Pihak BI

Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara, menyampaikan penandatanganan nota kesepahaman ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Kotamobagu dalam menunjang peningkatan ekonomi kerakyatan, khususnya di Kota Kotamobagu.

“Hal ini sudah kita bahas bersama melalui pertemuan-pertemuan yang dilakukan sebelumnya dengan pihak Bank Indonesia Perwakilan Sulut. Program ini dilaksanakan untuk menunjang peningkatan ekonomi kerakyatan,” ucap Walikota.

Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara saat menyampaikan sambutan

Selain itu, kerjasama program pengembangan kopi unggulan Kotamobagu ini, dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan petani kopi di wilayah Kotamobagu khususnya, dan Bolaang Mongondow Raya pada umumnya.

“Jika sudah masuk pasar ekspor, tidak hanya berimbas positif pada peningkatan ekonomi kerakyatan saja, tapi mampu meningkatkan devisa bagi negara,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BI Perwakilan Sulut, Soekowardojo, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa optimisnya terkait potensi pengembangan komoditas kopi di Sulawesi Utara, lebih khusus kopi Kotamobagu yang sangat menjanjikan.

Foto bersama walikota Tatong Bara dengan Pihak BI serta jajaran Pimpinan Bank Sulut

“Kami melihat potensi komoditas kopi di Kotamobagu cukup besar, dengan kualitas yang tidak kalah bersaing dengan kopi dari daerah lain,” ujar Soekowardojo

Lebih lanjut ditambahkannya selain potensi yang cukup besar, kopi Kotamobagu juga telah memiliki sertifikat kopi organik yang banyak diminati, baik di pasar nasional bahkan hingga ke pasar internasional.

“Untuk alasan itulah kami siap memperkenalkan produk kopi Kotamobagu, kepada para  pengekspor kopi yang ada di indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman, turut dihadiri sejumlah pimpinan PT. Bank Sulutgo, Sekda Kota Kotamobagu, Adnan Massinae, S.Sos, M.Si, serta para pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. (Admin_DiskominfoKK)

 

 

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.