KemenPAN-RB Pilih Kotamobagu Sebagai Lokasi Launching Aplikasi e-Performance

MenPAN-RB, Dr. Asman Abnur, SE, M.Si, ketika menerima kunjungan walikota kotamobagu beserta rombongan

Kotamobagu–Satu lagi prestasi nasional yang diraih Pemerintah Kota Kotamobagu, di bawah kepemimpinan Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara.

Dari 514 Kabupaten/Kota se Indonesia, Kota Kotamobagu dipercayakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI, sebagai lokasi Launching Aplikasi e-Performance Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, yang dikelola Kemenpan-RB.

Walikota saat bersama Menpan-RB

Hal ini disampaikan langsung Menteri PAN-RB, Dr. Asman Abnur, SE, M.Si, ketika menerima kunjungan kerja Walikota Kotamobagu bersama beberapa pimpinan SKPD di Kementerian PAN-RB, Kamis (13/7) siang.

“Launching aplikasi e-Performance secara nasional akan dilaksanakan tanggal 17 Juli 2017, di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta. Nanti launching pertama khusus kabupaten dan kota, saya percayakan Kota Kotamobagu sebagai lokasinya. Saya meminta agar segala sesuatu terkait pelaksanaan kegiatan tersebut segera disiapkan,  dan saya langsung yang akan me-launching aplikasi tersebut di Kotamobagu,” kata MenPAN-RB.

Suasana pertemuan walikota kotamobagu dengan menPAN-RB

Walikota Kotamobagu menyampaikan ucapan terima kasih kepada MenPAN-RB yang telah mempercayakan sekaligus memilih Kotamobagu sebagai lokasi launching aplikasi e-Performance.

“Bukan hal mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari Kemenpan-RB. Ini merupakan kerja keras dari kita semua, pemerintah bersama masyarakat Kota Kotamobagu, dalam menciptakan kerangka reformasi birokrasi  yang baik dan akuntabel di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” ucap Walikota.

Walikota saat bersama Menpan-RB

Lebih lanjut ia menambahkan, ada beberapa faktor pendukung yang menjadikan Kota Kotamobagu dipilih sebagai lokasi launching aplikasi e-performance ini.

MenPAN-RB saat menerima Walikota Kotamobagu beserta rombongan

“Diantara yang menjadi alasan Kotamobagu dipilih yaitu pertama, sudah 4 tahun berturut-turut kita meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Kedua, nilai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kota Kotamobagu sejak tahun 2014 sampai dengan 2016 ada peningkatan, dimana  tahun 2014 kita meraih nilai C, tahun 2015 nilai CC, dan di 2016 nilai kita sudah B. Selain itu, adanya kerangka reformasi birokrasi yang kita terapkan di Kotamobagu melalui beberapa aplikasi, seperti e-planning, e-monev, e-database, sicaca, e-tax, data dan e-office. Ini beberapa hal yang menjadi penilaian langsung Pak Menteri terhadap Kota Kotamobagu,” jelas Walikota.

Tampak Kadis Kesehatan Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, SE, bersama ASN Bagian Orpeg, Fahmi Iman,SH, ikut serta dalam pertemuan dengan MenPAN-RB

Sekadar diketahui, e-performance adalah aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja dalam rangka peningkatan akuntabilitas dan kinerja unit kerja.

Aplikasi ini menampilkan proses perencanaan kinerja, penganggaran kinerja, keterkaitan kegiatan/sub kegiatan dalam pencapaian target kinerja, dan monitoring serta evaluasi pencapaian kinerja dan keuangan. (Admin_Diskominfo)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.