Maraknya Peredaran Obat PCC, Walikota Himbau Masyarakat Waspada

Ilustrasi Obat PCC

Kotamobagu—Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, menanggapi serius maraknya peredaran dan penyalahgunaan obat PCC di kalangan remaja, seperti yang diberitakan di berbagai media massa termasuk media sosial.

“Peredaran obat ini sangat mengkhawatirkan, termasuk akibatnya yang sangat membahayakan. Korban bisa berhalusinasi, tidak sadarkan diri, bahkan sampai meninggal dunia,” ujar walikota.

Untuk itu, walikota perempuan dengan segudang prestasi ini menyampaikan himbauan dan harapannya kepada semua pihak, baik itu para orang tua, guru, pelajar, pemuda dan mahasiswa untuk mengawasi sekaligus mewaspadai peredaran obat ini di tengah masyarakat, khususnya dikalangan siswa-siswi di Kotamobagu.

“Mari kita waspada dan awas terhadap peredaran obat ini. Kita harus segera memutus mata rantai peredarannya dengan melaporkan siapa saja yang diketahui membawa, menggunakan dan mengedarkan obat berbahaya ini kepada pihak berwajib,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, drg. Haris Mongilong, menyampaikan Dinas Kesehatan Kotamobagu akan melakukan beberapa langkah awal untuk mengantisipasi maraknya peredaran obat PCC ini.

Kadis kesehatan kotamobagu, drg. Haris Mongilong, saat diwawancarai

“Kami akan turun langsung mensosialisasikan pengaruh dari obat PCC ini ke sekolah-sekolah dan desa/kelurahan. Selain itu, pada awal Oktober nanti kami akan bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Pusat untuk melaksanakan kampanye anti obat-obatan terlarang,” jelas Haris.

Seperti diketahui, Obat PCC memiliki kandungan senyawa Carisoprodol yang biasa digunakan saat istirahat, melakukan terapi fisik atau pengobatan lain. Jenis obat ini berfungsi mengatasi nyeri dan ketegangan otot, dan tergolong sebagai muscle relaxants (pelemas otot) yang bekerja pada jaringan saraf dan otak yang mampu merilekskan otot. Obat ini dapat menimbulkan efek berbahaya jika dikonsumsi oleh anak dibawah umur dan dicampur dengan minuman bersoda atau beralkohol. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.