Pemkot Turunkan Tim Teknis, Inventarisasi Lahan Ring Road.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kotamobagu, Claudy N. Mokodongan, S.T

Kotamobagu—Tahapan  awal rencana pembangunan jalan lingkar (ring road) yang akan melintasi tiga daerah di Sulawesi Utara, yakni Kotamobagu, Boltim, dan Bolmong mulai ditindak lanjuti Pemerintah Kotamobagu dengan turunnya tim teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk melakukan  inventarisasi  lahan yang nantinya akan dilalui proyek tersebut.

Sebagaimana yang disampaikan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kotamobagu, Claudy N Mokodongan, saat ini tim yang diturunkan masih dalam proses inventarisasi lahan. “Kami baru sebatas melakukan pendataan/inventarisasi tanah yang nantinya akan dilalui proyek ring road”, ujar Claudy.

Menurutnya, Inventarisasi lahan ini baru menyasar dua desa. “Inventarisasi lahan yang kami lakukan baru di Desa Poyowa Besar I & II, nanti akan menyusul Desa Bungko, Tabang, Kobo Kecil, Moyag, Sia’ serta Bilalang,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Kota (Sekot) Kotamobagu, Adnan Massinae, S.Sos, M.Si, mengatakan saat ini Pemerintah juga tengah menyusun biaya pembebasan lahan yang akan dilewati jalan lingkar ini.

Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Adnan Massinae, S.Sos, M.Si

“Besaran biaya yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan sedang dihitung. Untuk itu kami berharap masyarakat yang lahannya nanti dilewati pembangunan jalan ring road ini, bisa mendukung langkah pemerintah kota. Tujuan dari dibangunnya ring road ini juga menguntungkan masyarakat, akses ekonomi terbuka, serta harga jual tanah pasti akan meningkat,” kata Adnan.

Sekedar diketahui, usulan pembangunan jalan lingkar (ring road) yang diajukan Pemkot Kotamobagu telah direspon pemerintah pusat.  Usulan ini  bahkan sudah dimasukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, yang rencananya akan dikerjakan pada tahun 2018 lewat dana APBN.

Adapun panjang jalan lingkar secara keseluruhan yang melintasi dua kabupaten dan 1 Kota ini adalah sepanjang 34 kilometer, yang melintas di Kotamobagu sepanjang 13 Km, Bolmong juga sepanjang 13 Km, sedangkan untuk Boltim sepanjang 8 Km. Dengan lebar jalan yang direncanakan 22 Meter. (Admin-DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.