Penghargaan Kota Peduli HAM untuk Ketiga Kalinya

Kotamobagu—Pemerintah Kota Kotamobagu, Ahad (10/12), kembali meraih penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2016, dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, pada Peringatan Hari Hak Asasi Manusia se-Dunia Ke-69, di The Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah.

Penghargaan Kota Peduli HAM Tahun 2016

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna Laoly ini, dihadiri langsung Presiden Joko Widodo dan para kepala daerah penerima penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Indoensia.

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Kotamobagu, Drs. Nasrun Gilalom yang menerima langsung penghargaan mewakili Walikota Kotamobagu pada kegiatan ini mengatakan diraihnya penghargaan tingkat nasional, yang telah berhasil dipertahankan selama 3 (tiga) tahun berturut–turut ini, merupakan bukti nyata komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu  di bawah kepemimpinan Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara.

“Terutama dalam memberikan pelayanan publik dan mendorong peningkatan Hak Asasi Manusia di Kota Kotamobagu,” ujar Nasrun.

Dikatakannya lagi, diraihnya penghargaan sebagai Kota Peduli HAM ini berdasarkan beberapa penilaian, diantaranya kepedulian Pemerintah Kota Kotamobagu atas Hak Kesehatan, Hak Pendidikan, Hak Pekerjaan, Hak Perempuan dan Anak, Hak Perumahan, serta Hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Piala Kota Peduli HAM Tahun 2016

“Sub total nilai untuk Kelompok Hak adalah 89,86. Sedangkan untuk implementasi Aksi HAM mendapat nilai 2. Jadi total nilainya mencapai 91,86. Ini meningkat signifikan,” terangnya.

Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara mengakui penghargaan yang diraih untuk ketiga kalinya ini, akan terus menjadi pemicu bagi Pemerintah Kotamobagu dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan selalu menjunjung tinggi penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam pelayanan publik.

“HAM tidak hanya soal pelanggaran tentang kekerasan dan sebagainya, namun peningkatan pelayanan publik sebagai salah satu kebutuhuan dasar masyarakat juga adalah bentuk penegakan HAM. Itu yang secara konsisten kita lakukan di Kotamobagu, dan sudah menjadi komitmen kita,” tegas Walikota. (Admin-DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.