Pjs Wali Kota Rakornas Persiapan Pilkada Serentak 2018

Menkopolhukam Wiranto saat menyampaikan sambutan

Kotamobagu—Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Kotamobagu, Muhammad Mokoginta, SE, MTP, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018, yang dibuka langsung Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Jenderal TNI (purn) DR. Wiranto, SH, Selasa (20/2).

Wiranto menyampaikan proses penyelenggaraan Pilkada serentak tahun ini harus berjalan dengan sukses, dan semua stakeholder yang terlibat harus bertanggung jawab sesuai tupoksi masing-masing.

“Penyelenggaraan Pemilukada ini merupakan ukuran dari proses demokrasi di Indonesia. Ini milik kita semua, bukan hanya milik Kemendagri saja, sehingga saya berharap seluruh elemen harus sadar akan tugasnya masing-masing untuk menjaga Pilkada ini,” ucap Wiranto.

Di tempat yang sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, SH, menjelaskan tujuan diselenggarakannya Rakornas ini untuk memperkuat soliditas serta koordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, KPU, Bawaslu dan pihak/pihak terkait lainnya dalam mengawal pelaksanaan Pilkada serentak.

Pjs wali kota saat menghadiri rakornas

“Peran pemerintah pusat dan daerah diperlukan sebagai upaya mengantisipasi permasalahan yang dikhawatirkan timbul, karena gesekan horisontal di antara calon peserta maupun pendukung pasangan calon,” jelas Tjahjo.

Sementara itu, wali kota Kotamobagu, melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbanpol) Kotamobagu, Drs. Irianto P. Mokoginta, menambahkan Pemerintah Kota Kotamobagu siap mengawal dan menjalankan hasil Rakornas.

“Pada dasarnya pemerintah kota, dalam hal ini Badan Kesbangpol siap mengawal dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada tahun ini. Kami juga menghimbau agar seluruh masyarakat Kotamobagu selalu menjunjung tinggi semangat kekeluargaan, agar tercipta kondisi yang kondusif di daerah yang sama-sama kita cintai ini,” ujar Irianto.

Rakornas yang dilaksanakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, ini turut dihadiri Menpan-RB, DR. Asman Abnur, Ketua KPU RI, Arief Budiman, Ketua Bawaslu RI, Abhan, SH, serta seluruh KPU provinsi, Bawaslu provinsi, gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia. (Admin-DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.