Raih Piala Adipura 2017, Walikota: Piala Adipura Milik Masyarakat Kotamobagu

Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, saat menerima Piala Adipura Tahun 2017

Kotamobagu—Kota Kotamobagu, di bawah kepemimpinan Walikota, Ir. Tatong Bara kembali meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional. Kali ini penghargaan datang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, yang mengganjar Kota Kotamobagu sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia dengan penganugerahan Piala Adipura Tahun 2017.

Walikota didampingi Ketua dan Anggota DPRD Kotamobagu serta beberapa pimpinan SKPD dan petugas kebersihan foto bersama usai menerima Piala Adipura 2017

Penghargaan prestisius yang diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan  Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, ini diterima langsung Walikota pada acara puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017, di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/7) malam.

Piala Adipura diarak oleh Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara dan seluruh masyarakat kotamobagu 

“Piala Adipura ini adalah penghargaan yang sangat prestisius. Piala ini diraih bukan atas kerja orang per orang, tapi berkat partisipasi aktif seluruh masyarakat. Jadi Piala Adipura ini milik seluruh masyarakat Kotamobagu,” ujar Walikota.

Walikota menerangkan standar dan kriteria yang ditetapkan Kementerian LHK tergolong tinggi. Mulai dari aspek pengelolaan sampah, Ruang Terbuka Hijau (RTH), pengendalian pencemaran air dan udara, pengendalian kebakaran hutan dan lahan, sampai pada tata kelola pemerintahan yang baik.

Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, saatmemberikan sambutan

“Mempertahankan Piala Adipura ini lebih sulit daripada ketika kita merebutnya. Masyarakat kita sudah memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjaga kualitas lingkungannya. Mereka memberikan diri, waktu dan tenaganya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Ini juga tanda bagi kita semua bahwa Kota Kotamobagu terus menuju pada perbaikan kualitas lingkungannya, terutama seluruh masyarakat yang terus berpartisipasi menjaga kotanya agar tetap indah,” ucapnya.

Walikota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, foto bersama dengan seluruh petugas kebersihan

Lebih lanjut Walikota menambahkan, dari 514 Kab/Kota se-Indonesia, Kotamobagu masuk kategori sebagai daerah yang mampu mewujudkan kota yang bersih, sejuk, teduh, sehat dan berkelanjutan.

“Kotamobagu masuk sebagai kota berkelanjutan yang mampu mengintegrasikan aspek pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan juga pembangunan lingkungan. Di Sulawesi Utara sendiri, hanya Kotamobagu dan Bitung yang meraih Piala Adipura tahun 2017. Mudah-mudahan Piala Adipura ini bisa menginspirasi seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Piala Adipura ini dipersembahkan untuk mereka. Terima kasih masyarakat Kotamobagu,” ujarnya. (Admin-DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.