Satu Bulan Penagihan, Realisasi PBB Kelurahan Mongondow Tertinggi

Lurah Mongondow, Rhin Paputungan, SE

Kotamobagu–Target Pemerintah Kota Kotamobagu memacu Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan/Pedesaan (PBB-P2) di tingkat kelurahan dan desa, ternyata diseriusi Pemerintah Kelurahan Mongondow, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Hal ini terlihat dari data yang dikeluarkan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu melalui Bidang Pendaftaran dan Pendataan, Selasa (04/7) pagi.

Dari data tersebut, Kelurahan Mongondow menduduki peringkat pertama pelunasan PBB-P2, dengan capaian 42,02% sampai dengan tanggal 4 Juli 2017.

Lurah Mongondow, Rhin Paputungan, SE, mengatakan penagihan yang dilakukannya bersama-sama dengan perangkat kelurahan, baru berjalan selama satu bulan sejak diterimanya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT-PBB) pada akhir Mei 2017.

“Pada saat penagihan, bertepatan juga dengan bulan puasa. Tapi syukur Alhamdulillah, masyarakat Kelurahan Mongondow cukup memahami kewajiban mereka untuk membayar PBB. Selain itu, untuk meningkatkan capaian PBB, saya memfokuskan penagihan terhadap objek pajak bernilai besar, yang dimiliki oleh perusahaan maupun pihak swasta di Kelurahan Mongondow,” kata Paputungan.

Kabid Pendaftaran dan Pendataan BPKD Kotamobagu, Ilmar Z. Rusman, S.STP

Sementara itu, Kepala Bidang  Pendaftaran dan Pendataan BPKD Kotamobagu, Ilmar Z. Rusman, S.STP, mengakui ada sedikit kendala yang dialami masyarakat dalam penyetoran PBB-P2. Ada perubahan sistem, tempat penyetoran yang biasanya di Bank Sulut Kotamobagu, beralih ke Bank BRI Kotamobagu.

“Sebenarnya sekarang lebih mudah, sudah disediakan fasilitas ATM dan Mobile Banking dari BRI Kotamobagu, tapi mungkin masih banyak masyarakat yang binggung, sehingga menunda penyetoran. Untuk itu, mulai pekan depan, kami akan turun ke kecamatan-kecamatan untuk melakukan sosialisasi pembayaran PBB-P2,” jelas Ilmar. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.