Tahun 2018 Target Penerimaan Sektor PBB-P2 Alami Kenaikan

Kabid Pendaftaran dan Pendataan BPKD Kotamobagu, Ilmar Z. Rusman, S.STP

Kotamobagu—Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan/Pedesaan (PBB-P2)  Kota Kotamobagu, di tahun 2018 diprediksi mengalami ketambahan sebesar Rp. 32.875.161.

Hal ini diungkap Plt. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Kotamobagu, Inontat Makalalag, S.E., melalui Kepala Bidang (Kabid) Penetapan Ilmar Rusman, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/4).

“Total Surat Penyampaian Pajak Terhutang  PBB-P2 bagi wajib pajak di Kotamobagu sebanyak 29.303 lembar. Jumlah ini diprediksi menghasilkan pemasukan bagi daerah sebesar Rp 2.857.220.742 dari target sebelumnya pada tahun 2017 setelah APBD-P sebesar  Rp 2.824.345.581. Jadi untuk target mengalami kenaikan sejumlah Rp. 32.875.161,” terang Ilmar.

Menurutnya angka SPPT PBB-P2 tersebut sewaktu-waktu masih bisa berubah, seiring penerapan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap  (PTSL) yang dilakukan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wilayah Kotamobagu.

“Angka ini sewaktu-waktu masih akan berubah, karena kita masih akan menunggu data akhir  program PTSL yang dilakukan oleh BPN. Selanjutnya akan kita cek dan masukan data tambahan guna penerbitan SPPT-nya,” ujar Ilmar.

Ia pun yakin dan optimis pihaknya bisa merealisasikan target yang ditetapkan. Sembari berharap agar masyarakat yang telah mengantongi SPPT segera menindak lanjuti dengan melunasinya.

“Pajak yang dibayarkan nantinya juga akan kembali ke masyarakat melalui berbagai program dan pembangunan. Selain itu, dengan dilunasinya SPPT-PBB ini juga akan memudahkan pengurusan administrasi  terkait kepemilikan tanah,” pungkasnya. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.