Tim Ahli Data Center Kotamobagu Gelar Sosialisasi dan Simulasi

Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, SE

 

Kotamobagu—Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu melalui Tim Ahli Data Center Kotamobagu, menggelar Sosialisasi dan Simulasi Fungsi Data Center dan Command  Center Kotamobagu, Selasa (29/8) siang.

Sosialisasi dan simulasi yang dikhususkan bagi  seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Diskominfo ini, dipimpin langsung Head Data Center Kotamobagu, Rudiyuanto Unu, didampingi perwakilan PT. Nusantara Compnet Integrator selaku penyedia data center.

Head Data Center Kotamobagu, Rudiyuanto Unu

Menurut Rudy, tujuan sosialisasi dan simulasi fungsi data center dan command center adalah untuk memberikan informasi kepada seluruh ASN Internal Diskominfo mengenai fungsi data center Kotamobagu.

“Data center Kotamobagu merupakan data center yang pertama kali ada di Sulawesi Utara. Sampai saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 95 persen. Nah tentunya, sebelum ini di-launching, kita terlebih dahulu membekali seluruh ASN Diskominfo mengenai apa sebenarnya fungsi dari data center tersebut. Agar supaya, seluruh informasi yang keluar nantinya, baik di tingkatan SKPD Pemerintah Kotamobagu maupun ke publik, dapat disampaikan dengan benar,” kata Rudy.

Suasana simulasi fungsi data center kotamobagu

Rudy menambahkan, beberapa hal yang disosialisasikan diantaranya, fungsi utama server, sistem penyimpanan data, sistem jaringan dan sistem keamanan jaringan.

“Selain itu, juga disosialisasikan mengenai fungsi pelayanan pengaduan online, sistem penggunaan jaringan di lingkungan SKPD, serta fungsi-fungsi pendukung data center lainnya seperti sistem pengawasan CCTV dan sistem pemadaman kebakaran gedung,” sambung Rudy.

Ruangan data center kotamobagu

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, SE, menyampaikan bahwa dengan sosialisasi dan simulasi ini, diharapkan seluruh ASN Diskominfo dapat lebih memahami lagi fungsi data center dan command center sebelum di-launching dalam waktu dekat ini.

“Pembangunan data center dan command center ini sudah memasuki tahap akhir penyelesaian pekerjaan. Untuk itu sebelum pekerjaan selesai, saya meminta kepada pihak ketiga yang mengerjakan proyek ini, untuk mensosialisasikan fungsi data center kepada seluruh ASN Diskominfo, agar supaya semuanya bisa melihat bagaimana progres pekerjaan dan fungsi data center tersebut,” kata Yani.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lantai 2 Ruang Data Center Kotamobagu ini, dihadiri seluruh ASN dan Tenaga Kontrak Diskominfo Kota Kotamobagu. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.