Tindak Lanjut Laporan Masyarakat, Tim Terpadu Pemkot Sidak Produk Makanan dan Minuman

Tampak tim gabungan dari disdagkop UMKM saat melakukan sidak

Kotamobagu—Tim terpadu Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, yang terdiri dari Dinas Perdagangan dan Koperasi-UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Satpol-PP  Kotamobagu, melakukan inspeksi mendadak (sidak) produk makanan dan minuman, Selasa (15/5).

Sidak dilaksanakan menyusul adanya laporan masyarakat terkait makanan kadaluarsa dan daging ayam yang beredar di pasar dan sejumlah mini market di Kotamobagu.

“Alhamdulillah, dari sidak yang dilaksananakan di Pasar Serasi Kotamobagu, tidak ditemukan daging ayam yang terindikasi disuntik oksigen,” singkat Kepala Disdagkop-UKM, Herman J. Aray, saat dikonfirmasi.

Tak hanya di pasar, mini market juga menjadi sasaran sidak. Alhasil tim menemukan merk minuman soda yang telah rusak kemasan, bahkan sebagian sudah tidak layak konsumsi karena telah kadaluarsa.

“Ada beberapa merk minuman soda kami temukan sudah kadaluarsa, dan masih terpajang di etalase Indomart,” ungkapnya.

Menindak lanjuti hal tersebut, menurut Aray pihaknya langsung melakukan penyitaan terhadap barang yang ditemukan, menjaga agar tidak disalahgunakan kembali oleh pihak indomart.  “Barang bukti yang  ditemukan langsung kita amankan di Kantor Disdagkop,” ujarnya.

Atas kejadian ini, Aray mengingatkan pihak Indomart agar lebih berhati-hati lagi dari sisi manajemen penjualan. “Saya sudah menghubungi manajemen pengelola Indomart agar lebih mengawasi para karyawan, minimal memberikan teguran lisan karena hal ini murni kelalaian,” ucapnya.

Lebih lanjut kepada masyarakat dihimbau agar lebih teliti lagi dalam memilih produk makanan maupun minuman yang akan dibeli.

“Masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas, lebih cermat dan teliti lagi dalam membeli barang. Baik dari sisi keamanan produk makanan dan minuman, maupun kesesuaian harga. Pastikan harga yang tertera cocok dengan print out pada saat pembayaran di kasir,” pungkasnya. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.