Tingkatkan Infrastruktur Jaringan, Diskominfo Pemprov Gorontalo Study Tiru ke Kotamobagu.

Tampak Diskominfo Propinsi Gorontalo saat berada di ruangan data center kotamobagu

Kotamobagu—Dalam rangka penyediaan dan pengembangan Jasa infrastruktur jaringan internet, implementasi layanan e-Government dan data center, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi Gorontalo, melaksanakan studi tiru di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kotamobagu, Rabu (8/11).

Menurut Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Gorontalo, Fatma Biki, SE, SH, M.Si, kunjungan yang dilakukan pihaknya ke Kominfo Kotamobagu kali ini, untuk belajar proses seleksi terhadap provider penyedia jasa layanan jaringan yang melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kotamobagu.

Kadis Kominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, S.E, saat menemani Diskominfo Propinsi Gorontalo di ruangan data center

“Provider penyedia layanan jaringan yang memasukkan penawaran ke Provinsi Gorontalo cukup banyak. Dengan sendirinya kami membutuhkan referensi untuk melakukan seleksi terhadap berbagai provider yang masuk, terutama yang bisa membawa manfaat bagi pemerintah daerah. kita memang harus banyak mengadopsi keberhasilan daerah lain, seperti Kotamobagu ini, Jadi tidak ada salahnya kita dari provinsi belajar di Kotamobagu meski di tingkatan Kota,” ujar Fatma.

Melalui kunjungan ini, pihaknya juga ingin melihat dari dekat tahapan implementasi layanan e-Government yang diterapkan Pemerintah Kotamobagu, sekaligus operasional data center.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Kota Kotamobagu yang benar-benar memberikan suporting baik dari sisi anggaran, maupun hal-hal terkait pengembangan layanan e-Government, terutama berbagai aplikasi layanan yang telah terintegrasi ke dalam data center. Di Provinsi Gorontalo sendiri pengembangan e-Government-nya sudah bagus, tahun 2014 kita sudah memiliki data center, hanya saja proses integrasi terhadap aplikasi-aplikasi layanan yang sudah ada belum dilaksanakan secara maksimal,” ucap Fatma.

Diskominfo Propinsi Gorontalo saat mendapatkan penjelasan dari head data center kotamobagu

Menerima kunjungan Tim Diskominfo Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, SE, menyampaikan apresiasi serta  ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilaksanakan di Kotamobagu.

“Terima Kasih atas kunjungan yang telah dilakukan, dan tentunya ini merupakan penghargaan dan motivasi yang sangat tinggi bagi Pemerintah Kota Kotamobagu dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika,” ucap Yani

Menurutnya, Kotamobagu takkan bisa seperti ini tanpa komitmen yang tinggi  dari pimpinan daerah, dalam hal ini Walikota Ir Tatong Bara.

“Intinya cuman satu, komitmen yang tinggi dari pimpinan daerah. Tidak hanya ucapan melainkan dengan tindakan nyata, dimana  dengan komitmen yang tinggi ibu walikota sudah mampu  mentrasformasikan sistem pemerintahan yang awalnya tradisional diarahkan ke sistem digitatalisasi,” pungkasnya.(Admin-DiskominfoKK)

 

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.