Wali Kota Resmikan TPS 3R Kelurahan Matali

Wali kota saat meresmikan tempat pengolahan sampah 3R

Kotamobagu—Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara, resmikan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang terletak di Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur, Rabu (17/1) pagi.

“Dengan diresmikannya TPS 3R ini, sudah menunjukkan wujud nyata dukungan masyarakat bagi pemerintah daerah dalam hal peningkatan kualitas kebersihan lingkungan maupun kesehatan, karena penyelengaraanya menggunakan pola pendekatan pengelolaan sampah dengan melibatkan peran aktif dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Wali Kota melalui sambutannya.

Menurut Wali Kota perempuan pertama Kota Kotamobagu ini, pola pendekatan pengelolaan sampah dengan melibatkan peran aktif dan pemberdayaan masyarakat lebih menekankan pada cara pengurangan, pemanfaatan hingga pengolahan sampah mulai dari sumbernya.

Wali kota saat meberikan sambutan pada peresmian TPS3R

“Cara ini lebih menekankan pada pengurangan, pemanfaatan serta pengelolaan sampah mulai dari sumbernya, baik sampah organik maupun anorganik yang berasal dari limbah rumah tangga, hingga bisa menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bernilai ekonomis bagi masyarakat,” ujarnya.

Prinsip 3R dalam pengelolaan sampah erat kaitannya dengan prinsip pembangunan berkelanjutan khususnya dalam penghematan sumber daya energi, karena sebagian bahan baku dapat terpenuhi dari sampah daur ulang. Untuk itu diharapkan dapat meningkatkan sisi perekonomian masyarakat.

Wali kota saat mengecek langsung bangunan TPS3R

“Ssaya berharap agar peresmian fasilitas tempat pengolahan sampah 3R ini, akan ikut meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan dan derajat kesehatan masyarakat, serta akan lebih meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya yang ada di Kelurahan Matali,” harap Wali Kota.

Turut hadir dalam kegiatan Sekretaris Daerah Kotamobagu Adnan Massinae,S.Sos, M.Si serta jajaran pejabat di lingkungan Pemkot Kotamobagu, Kepala Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PSPLP) Provinsi Sulawesi Utara, yang diwakili Reymon ST, M.Si, sejumlah anggota DPRD Kotamobagu, para camat serta lurah Matali. (Admin-DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.