Walikota Upayakan Kenaikan Gaji Pemuka Agama dan Aparat Desa/Kelurahan Dua Kali Lipat

Walikota saat menyampaikan sambutan pada tatap muka dengan masyarakat kotamobagu timur

Kotamobagu—Kesejahteraan pemuka agama, perangkat desa dan kelurahan, menjadi perhatian tersendiri Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara.

Dihadapan masyarakat Kotamobagu Timur pada tatap muka dan Halal bi Halal, Kamis (6/7) kemarin, Walikota berjanji akan berupaya menaikan gaji/insentif pemuka agama, perangkat desa dan kelurahan.

 “Belanja pegawai termasuk kenaikan TPP pegawai serta insentif para pemuka agama dan perangkat desa/kelurahan  akan dipikirkan secara matang, terlebih terkait penganggaran, pihak DPRD akan melakukan pengawasan dengan ketat,” ungkap Walikota.

Para Pemuka Agama Saat Menerima Tunjangan beberapa waktu yang lalu

Dijelaskannya, kendala yang sering dialami ketika akan menaikkan insentif pemuka agama, pegawai syar’i serta perangkat desa/kelurahan, adalah bagaimana menjaga postur APBD agar belanja pegawai tidak lebih besar dari belanja publik untuk pembangunan. Menaikkan tunjangan pemuka agama, pegawai syar’i dan perangkat desa/kelurahan yang merupakan komponen belanja pegawai, akan menaikkan presentase komponen belanja ini. Sementara  ketentuan yang ada membatasi belanja pegawai tidak boleh lebih dari 50 persen. Untuk menjaga postur APBD ini, anggaran harus ditambah

Aparat Kelurahan Saat Menerima Tunjangan beberapa waktu yang lalu

“Karena pertimbangan ini, sebelum pembahasan APBD Perubahan, demi menambah anggaran saya melakukan lobi ke Kementerian Keuangan, dan alhamdulillah, anggaran sebesar Rp. 113 Milyar sudah disetujui, tinggal menunggu untuk di SK-kan Kementerian Keuangan,” ucapnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, jika anggaran tersebut turun di bulan Juli ini, maka akan dilakukan penghitungan kembali dengan Tim TAPD Pemerintah Kotamobagu, sebelum  dilakukan pembahasan APBD Perubahan dengan pihak DPRD.

“Jika dananya turun bulan ini, maka insentif untuk pemuka agama, pegawai syar’i dan perangkat desa/kelurahan akan saya naikkan dua kali lipat,” ujar Walikota. (Admin_DiskominfoKK)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.